Profil Guru SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan dan Relevansinya dengan Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, FT UNY

Surono, Surono (2015) Profil Guru SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan dan Relevansinya dengan Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, FT UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-surono-12702251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) profil ideal guru SMK Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan (KKTP), (2) relevansi profil ideal guru SMK-KKTP dengan kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (Prodi PTM FT UNY), (3) proses pembelajaran di Prodi PTM FT UNY dalam membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan sebagai calon guru SMK-KKTP, dan (4) profil calon guru SMK-KKTP yang tercermin dari mahasiswa peserta PPL dari Prodi PTM FT UNY. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei, yang dilakukan di Prodi PTM FT UNY dan SMK wilayah DIY tempat mahasiswa melaksanakan PPL. Responden pada penelitian ini adalah guru teknik pemesinan, dosen, dan mahasiswa peserta PPL dari Prodi PTM FT UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kurikulum Prodi PTM FT UNY, sedangkan angket digunakan untuk untuk mengetahui persepsi guru, dosen, dan mahasiswa mengenai: (a) urgensi rumusan profil ideal guru SMK-KKTP, (b) pembelajaran di Prodi PTM FT UNY, dan (c) profil calon guru SMK-KKTP. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Profil ideal guru SMK-KKTP terdiri dari lima aspek yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi bidang studi keahlian, kompetensi manajerial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Urgensi rumusan profil ideal guru SMK-KKTP termasuk dalam kategori sangat penting dengan persentase pencapaian sebesar 88,27%. (2) Relevansi profil ideal guru SMK-KKTP dengan kurikulum Prodi PTM FT UNY option pemesinan secara keseluruhan mencapai 100%. Terdapat 59 kompetensi yang tidak ada dalam rumusan profil ideal guru SMK-KKTP tetapi ada dalam kurikulum Prodi PTM FT UNY karena desain kurikulum Prodi PTM FT UNY selain untuk menyiapkan lulusannya sebagai calon guru SMK juga menyiapkan lulusannya untuk dapat bekerja di industri, menjadi instruktur, atau menjadi widyaiswara. (3) Pembelajaran di Prodi PTM FT UNY menurut persepsi dosen termasuk dalam kategori sangat memadai dengan persentase pencapaian sebesar 84,26% dan menurut persepsi mahasiswa termasuk dalam kategori memadai dengan persentase pencapaian sebesar 77,89%. (4) Profil calon guru SMK-KKTP menurut persepsi guru pembimbing PPL termasuk dalam kategori baik dengan persentase pencapaian sebesar 79,12%; menurut persepsi dosen termasuk dalam kategori baik dengan persentase pencapaian sebesar 79,69%; dan menurut persepsi mahasiswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase pencapaian sebesar 80,21%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: profil ideal guru SMK, kompetensi keahlian teknik pemesinan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 13 Sep 2022 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item