Peningkatan Kualitas Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui Metode Cooperative Learning by Technopreneur for SMK (CLTSMK)

Pratama, Galeh Nur Indriatno Putra (2015) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui Metode Cooperative Learning by Technopreneur for SMK (CLTSMK). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-galeh nur indriatno putra pratama-13702251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) peningkatan sikap belajar siswa yang ditunjukkan melalui motivasi, kreativitas, dan kemampuan manajerial, dan (2) proses upaya peningkatan kompetensi dasar mengidentifikasi sumber daya dan membuat desain karya rekayasa dengan penggunaan metode pembelajaran CLTSMK pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang ditunjukkan melalui motivasi, kreativitas, dan kemampuan manajerial siswa kelas X Kimia Industri di SMKN 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri atas pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Tahapan penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X paket keahlian Kimia Industri pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Depok Tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Instrumen telah diuji validasi melalui expert judgment yang terdiri dari dua orang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase rerata peningkatan dari kondisi pra siklus, siklus I, siklus II, siklus III secara berurutan sebesar 41,611%, 36,053%, dan 9,551% untuk aspek tinjauan motivasi siswa; 29,239%, 40,458%, dan 18,231% untuk aspek tinjauan kreativitas siswa; 30,774%, 32,311%, dan 16,996% untuk aspek tinjauan kemampuan manajerial siswa. Proses upaya peningkatan sikap belajar melalui motivasi, kreativitas, dan kemampuan manajerial siswa terdiri atas empat fase. Fase pertama adalah penyampaian tujuan dan memotivasi siswa. Fase ke dua adalah penyajian informasi, pengamatan, dan tanya jawab. Fase ke tiga adalah memberikan kesempatan untuk mengumpulkan informasi, berdiskusi, unjuk kerja, serta menyampaikan hasil diskusi. Fase terakhir adalah penguatan materi dan penyimpulan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran prakarya dan kewirausahaan, CLTSMK, sikap belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 08 Sep 2022 04:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item