Prihastiyani, Wening (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI KOOPERATIF-KOLABORATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Wening Prihastiyani 10201241060.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa mengikuti pembelajaran menggunakan strategi kooperatif-kolaboratif dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi kooperatif-kolaboratif; (2) menguji apakah penggunaan strategi kooperatif-kolaboratif dalam pembelajaran menulis cerpen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi kooperatif-kolaboratif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas X1 sebagai kelompok kontrol dan X3 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16.0 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 7,253 dengan db 57. Nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 57. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung: 7,253 > ttabel 2,021). Hasil analisis uji-t data pretest posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 14,383 dengan db 29. Nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 29. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung: 14,383 > ttabel: 2,045). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi kooperatif-kolaboratif dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi kooperatif-kolaboratif; (2) penggunaan strategi kooperatif-kolaboratif dalam pembelajaran menulis cerpen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi kooperatif-kolaboratif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | keefektifan, strategi kooperatif-kolaboratif, pembelajaran menulis cerpen, siswa |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
| Date Deposited: | 19 May 2015 01:17 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 22:26 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
