KEEFEKTIFAN STRATEGI PROBABLE PASSAGES DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 WATES DI KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Pratiwi, Tika (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI PROBABLE PASSAGES DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 WATES DI KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tika Pratiwi 09201241063.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi probable passages dan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi probable passages, (2) menguji keefektifan strategi probable passages dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas IXC sebagai kelompok eksperimen dan kelas IXD sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Validitas instrumen berupa validitas isi (expert judgement). Uji reliabilitas instrument menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian menunjukkan skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis Uji-t independet data posttest kemampuan menulis cerpen, diperoleh th sebesar 8,144 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil Uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh th sebesar 18.215 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Kenaikan rerata kelompok eksperimen sebesar 7 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol 1. Berdasarkan hasil tersebut simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi probable passages dan siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi probable passages, (2) Strategi probable passages efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi probable passages, kemampuan menulis cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 May 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2019 22:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18764

Actions (login required)

View Item View Item