Raisska, Pratita Tiara (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP LABA-LABA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Pratita Tiara Raisska 09201244046.pdf Download (23MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi peta konsep laba-laba dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi peta konsep laba-laba, serta menguji keefektifan strategi peta konsep laba-laba dalam pembelajaran keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest group design. Variabel dalam penelitian ini adalah, variabel bebas, yaitu strategi peta konsep laba-laba, dan variabel terikat yaitu keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Seyegan Sleman. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas, dengan pembagian satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Dari penentuan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XII IPA 3 sebagai kelompok kontrol, dan kelas XII IPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yang berupa tes menulis cerpen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep laba-laba dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi peta konsep laba-laba. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen th sebesar -14,245 dengan df 62 dan P sebesar 0,000. Jadi nilai P < 0,05 yang berarti signifikan. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan th sebesar -26,587 dengan df 62 dan nilai P = 0,000. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi peta konsep laba-laba efektif digunakan dalam pembelajran keterampilan menulis cerpen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, strategi peta konsep laba-laba, keterampilan menulis cerpen |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 19 May 2015 01:10 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18762 |
Actions (login required)
View Item |