PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

Dewi, Palevi Candra (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Palevi Candra Dewi 09201244081.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara, (2) peran guru terhadap pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI SMA Negeri 8 Yogyakarta. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPS, dan Sumarjiono S.Pd sebagai guru pembelajaran Bahasa Indonesia kelas tersebut. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran, peran guru, dan faktorfaktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara pada siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPS. Setting penelitian di SMA Negeri 8 Yogyakarta pada bulan September sampai November 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan tanpa peranserta dengan instrumen pedoman pengamatan dan catatan lapangan, wawancara bebas terpimpin dengan instrumen pedoman wawancara, dan analisis dokumen. Instrumen lain, yaitu perekam video. Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kredibilitas penelitian diuji dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi pengumpulan data ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara meliputi persiapan pembelajaran yang terdiri dari pembuatan silabus dan RPP. Pembuatan silabus dan RRP telah sesuai dengan format dan prinsip pembuatan silabus dan RPP berdasarkan KTSP, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tes awal yang dilakukan secara lisan, pembentukan kompetensi, dan tes akhir dalam bentuk presentasi hasil membaca artikel dan simulasi wawancara. Ketiga kegiatan tersebut melibatkan siswa secara aktif dan mandiri. Evaluasi pembelajaran yang terdiri dari perencanaan penilaian yang berupa pembuatan rubrik penilaian, pelaksanaan penilaian sesuai dengan bentuk tes akhir, dan tindak lanjut hasil penilaian yang berupa pemberian masukan dari guru kepada siswa. Sebagian besar siswa telah mampu mencapai KKM, (2) peran guru terhadap pelaksanaan pembelajaran sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran adalah faktor guru, siswa, sarana dan prasarana, dan lingkungan organisasi kelas dan iklim sosial-psikologis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, peran, faktor
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 19 May 2015 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18760

Actions (login required)

View Item View Item