Determinan Kompetensi Technopreneurship Siswa di SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata Se-DIY

Gadi, Alicia Christy zvereva (2015) Determinan Kompetensi Technopreneurship Siswa di SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata Se-DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alicia christy zvereva gadi-13702251061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kondisi kompetensi technopreneurship siswa, (2) pengaruh antara masing-masing faktor kompetensi technopreneurship terhadap kualitas produk siswa, dan (3) pengaruh semua faktor kompetensi technopreneurship secara besama-sama terhadap kualitas produk siswa di SMK Bidang Studi Keahlian Pariwisata se-DIY. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK kelas X Bidang Studi Keahlian Pariwisata dari berbagai Program Studi Keahlian se-DIY, yang terdiri atas SMKN1 Depok, SMKN 1 Sewon, SMKN 4 Yogyakarta, dan SMKN 1 Pengasih. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Isaac & Michael dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%. Sampel tiap-tiap sekolah diambil secara proportional sampling, dan total sampel sebanyak 286 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis regresi linier sederhana dan ganda dengan bantuan program komputer SPSS v.16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kondisi kompetensi technopreneurship siswa untuk variabel kreativitas dalam kategori sangat tinggi sebesar 67,83%, variabel inovasi dalam kategori sangat tinggi sebesar 55,94%, variabel jiwa kepemimpinan dalam kategori tinggi sebesar 51,75%, variabel kemampuan manajerial dalam kategori sangat tinggi sebesar 74,83%, dan kualitas produk dalam kategori tinggi sebesar 50,70%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap kualitas produk siswa dengan sig < 0,05; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara inovasi terhadap kualitas produk siswa dengan sig < 0,05; (4) tidak terdapat pengaruh antara jiwa kepemimpinan terhadap kualitas produk siswa dengan sig > 0,05, (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan manajerial terhadap kualitas produk siswa dengan sig < 0,05; (6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas dan inovasi terhadap kualitas produk siswa dengan sig < 0,05; (7) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial terhadap kualitas produk siswa dengan sig < 0,05, (8) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas, inovasi, jiwa kepemimpinan, dan kemampuan manajerial terhadap kualitas produk siswa di SMK Bidang Studi keahlian Pariwisata se-DIY (sig < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: technopreneurship, kreativitas, inovasi, jiwa kepemimpinan, kemampuan manajerial, kualitas produk
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 06 Sep 2022 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18754

Actions (login required)

View Item View Item