KEEFEKTIFAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA TIGA MARET SLEMAN YOGYAKARTA

Nurlaelah (2014) KEEFEKTIFAN FILM DOKUMENTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA TIGA MARET SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nurlaelah 08201244078.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Tiga Maret Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran menggunakan media film dokumenter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media film dokumenter, (2) keefektifan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Tiga Maret Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu penerapan media film dokumenter dalam pembelajaran di kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa media film dokumenter di kelas kontrol sebagai variabel bebas, serta keterampilan menulis argumentasi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Tiga Maret Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel kelas XC sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui validitas isi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis argumentasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil menulis argumentasi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media film dokumenter dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media film dokmenter, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t skor tes akhir kelompok eksperimen dan skor tes akhir kelompok kontrol menunjukkan bahwa th: 4,077 dengan db 28 dan p: 0,000. P kurang dari taraf signifikansi 0,05. Gain score tes awal dan tes akhir kelompok kontrol sebesar 0,13; sedangkan gain score kelompok eksperimen lebih besar yaitu 1,12, dengan demikian penggunaan media film dokumenter efektif dalam pembelajaran menulis argumentasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, argumentasi, film dokumenter
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 08:21
Last Modified: 29 Jan 2019 22:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18750

Actions (login required)

View Item View Item