PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI STRATEGI ELVES (Excite, Listen, Visualize, Extend, and Savor) PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 1 MANISRENGGO, KLATEN

Agam, Mochamad Agus (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERDISKUSI MELALUI STRATEGI ELVES (Excite, Listen, Visualize, Extend, and Savor) PADA SISWA KELAS VIII D SMP N 1 MANISRENGGO, KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mochamad Agus Agam 09201244043.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan diskusi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Manisrenggo dengan menggunakan strategi ELVES (Excite, Listen, Visualize, Extend, and Savor). Melalui strategi ELVES (Excite, Listen, Visualize, Extend, and Savor), peningkatan dapat dilihat secara proses maupun secara produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Manisrenggo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D yang terdiri atas 35 siswa. Kolaborasi dilakukan antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam penelitian ini selama tiga sikus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara, tes keterampilan berdiskusi, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, catatan lapangan, dan lembar penilaian keterampilan diskusi siswa. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik, validitas proses, validitas dialogis, dan validitas hasil. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan strategi ELVES (Excite, Listen, Visualize, Extend, and Savor) dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Manisrenggo. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari semangat belajar, perhatian siswa terhadap pembelajaran, keaktifan siswa, proses belajar, dan kesempatan berbicara. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan diskusi dari pratindakan sampai siklus III. Pada pratindakan, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 8,09, kemudian meningkat menjadi 14,03 pada siklus I dan 18,77 pada siklus II. Peningkatan yang terakhir terjadi pada siklus III yaitu menjadi 21,52. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus III sebesar 7,49, sedangkan skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus III sebesar 13,43.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: brediskusi, elves, smp
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 08:18
Last Modified: 18 May 2015 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item