HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WONOSARI

Tofa, Moch. Solichin (2014) HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN MOTIVASI MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Moch. Solichin Tofa 07201244096.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan minat membaca dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari, (2) hubungan motivasi membaca dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII MTs SMP Negeri 4 Wonosari, dan (3) hubungan antara minat membaca dan motivasi membaca dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Wonosari. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel random sampling yaitu pemilihan sampel acak sederhana. Setelah mengadakan penyapelan acak dapat diambil sampel sebanyak 113 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan tes kemampuan menulis puisi. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari, yang ditunjukkan dengan r hitung lebih besar sebesar 0,602 lebih besar dari r tabel 0,195; dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi membaca dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari, yang ditunjukkan dengan nilai r hitung sebesar 0,586 lebih besar dari r tabel sebesar 0,195; dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05; dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan motivasi membaca dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari, yang ditunjukkan dengan nilai R hitung sebesar 0,673 lebih besar dari R tabel sebesar 0,195; dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Kemampuan Menulis Puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 08:15
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item