PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PELAJARAN SENI RUPA MELALUI DIORAMA CERITA RAKYAT DI SMP N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Putranti, Anggraeni Dwi (2014) PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PELAJARAN SENI RUPA MELALUI DIORAMA CERITA RAKYAT DI SMP N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggraeni Dwi Putranti 10206241046.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Berbasis Proyek dalam pelajaran Seni Rupa melalui diorama cerita rakyat di SMP N 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, dan peserta didik kelas VIII-G sebanyak 23 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran Berbasis Proyek dalam pelajaran Seni Rupa melalui diorama cerita rakyat di SMP N 1 Sewon. Guru merupakan sumber data tentang persiapan dan pelaksanaan pembelajaran Berbasis Proyek di kelas VIII-G. Kepala sekolah merupakan sumber data tentang kurikulum dan latar belakang sekolah. Karya diorama peserta didik kelas VIII-G merupakan sumber data tentang hasil pembelajaran Berbasis Proyek dalam pelajaran Seni Rupa melalui diorama cerita rakyat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan dibantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan secara lebih cermat dan berkesinambungan. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama dengan menerangkan materi pembelajaran, menjelaskan alat bahan dan langkah-langkah pembuatan diorama. Kedua, guru membagi peserta didik ke dalam kelompokkelompok kecil dalam pembuatan proyek. Ketiga, peserta didik melakukan diskusi dan perencanaan pembuatan diorama cerita rakyat. Keempat, peserta didik mulai membuat proyek pembuatan diorama cerita rakyat. (3) Evaluasi hasil pembelajaran Berbasis Proyek melalui diorama cerita rakyat berwujud 4 (empat) buah produk karya seni rupa berupa diorama cerita rakyat dengan judul: Surabaya, Timun Emas, Roro Jonggrang dan Jaka Tarub. Sistem penilaian dilakukan oleh guru dengan dua aspek yaitu penilaian proyek dan produk. Hasil penilaian menunjukkan seluruh peserta didik dapat memenuhi KKM mata pelajaran Seni Budaya yaitu 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Berbasis Proyek, pelajaran Seni Rupa, diorama cerita rakyat
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 18 May 2015 07:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18741

Actions (login required)

View Item View Item