PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP TERBUKA DI TEMPEL, SLEMAN, YOGYAKARTA

Insani, Kunti Khusnun (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP TERBUKA DI TEMPEL, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kunti Khusnun Insani 09201244064.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada SMP Terbuka Tempel, (2) hambatan pembelajaran bahasa Indonesia pada SMP Terbuka Tempel, dan (3) usaha guru dalam menangani hambatan pembelajaran bahasa Indonesia pada SMP Terbuka Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa dan guru. Objek penelitian adalah pembelajaran bahasa Indonesia, hambatan pembelajaran bahasa Indonesia, dan usaha guru dalam menangani hambatan pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan di dalam kelas untuk mengamati pembelajaran dan di luar kelas untuk wawancara serta mengumpulkan dokumen. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data melalui pemrosesan satuan, kategorisasi, dan penafsiran data. Kredibilitas data ditentukan menggunakan teknik triangulasi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia pada SMP Terbuka Tempel berdasarkan komponen pembelajaran dan sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Siswa pasif dalam pembelajaran di kelas. Guru berperan sebagai sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator, dan evaluator dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Materi pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran bahasa Indonesia adalah metode ceramah, tanya jawab, dan latihan. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang cocok untuk siswa SMP Terbuka Tempel adalah metode latihan. Media pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan adalah media cetak. Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan teknik tes dan bentuk instrumen uraian. Kedua, hambatan pembelajaran bahasa Indonesia menganggu kegiatan belajar mengajar. Hambatan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu, motivasi belajar siswa yang berbeda-beda, waktu pembelajaran yang terbatas, dan sumber belajar yang terbatas. Ketiga, guru berusaha menangani berbagai hambatan pembelajaran bahasa Indonesia dengan berbagai cara. Usaha guru dalam menangani hambatan pembelajaran bahasa Indonesia dengan memotivasi kepada siswa, mempersingkat materi pembelajaran, dan mencari sumber belajar dari berbagai sumber.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Indonesia, SMP Terbuka
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18735

Actions (login required)

View Item View Item