PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SASTRA PADA KELAS VII SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO

Nur'aini, Khalimah Isnawati (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SASTRA PADA KELAS VII SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 NANGGULAN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Khalimah Isnawati Nur'aini 09201244066.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan.Pertama, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sastra di kelas VII semester II di SMP Negeri 1 Nanggulan berdasarkan komponen pembelajaran.Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru beserta siswa dalam pembelajaran sastra kelas VII semester II di SMPN 1 Nanggulan.Ketiga, mendeskripsikan cara guru mengatasi hambatan dalam pembelajaran sastra kelas VII semester II di SMPN 1 Nanggulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sastra pada kelas VII semester II di SMPN 1 Nanggulan Kulon Progo.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Nanggulan dan guru bahasa Indonesia SMPN 1 Nanggulan.Objek penelitian ini adalah pembelajaran sastra pada kelas VII semester II di SMPN 1 Nanggulan.Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen.Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri.Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasidan peningkatan ketekunan.Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, ditinjau dari delapan komponen pembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, strategi, media, metode, dan evaluasi. Kedua, faktor pendukung keberhasilan pembelajaran sastra dari siswa meliputi, motivasi, keaktifan, dan kemampuan siswa.Dari guru yakni, motivasi, kemampuan, dan pengalaman guru.Dari sekolah, lingkungan dan waktu yakni, hubungan antarwarga sekolah, sikap baik guru, siswa dan anggota sekolah lainnya, fasilitas yang memadai, dan pengelolaan waktu pembelajaran. Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari berbagai hal anatara lain ketidakaktifan siswa dalam belajar, rendahnya rasa percaya diri siswa, kurang membaca karya sastra (novel), guru kurang menguasai IT, waktu guru mengajar yang padat,fasilitas perpustakaan kurang memadai, gedung sekolah terletak di dua tempat, tembok pembatas antarkelas tidak kedap suara, jendela kaca kelas terpasang rendah, dan banyak waktu yang tidak efektif.Ketiga, cara guru mengatasi hambatandengan mengoptimalkan peran guru, menggunakan kemampuan yang dimiliki, menguasai siswa, memadatkan materi, dan memberi penugasan pada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komponen Pembelajaran, Sastra, SMPN 1 Nanggulan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item