PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI LAPORAN TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN STRATEGI SCAIT (SELECT, COMPLETE, ACCEPT, INFER, AND THINK) PADA SISWA KELAS VII C SMP N 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nurhayati, Ika Rosiani (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPRODUKSI LAPORAN TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN STRATEGI SCAIT (SELECT, COMPLETE, ACCEPT, INFER, AND THINK) PADA SISWA KELAS VII C SMP N 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ika Rosiani Nurhayati 10201244069.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memproduksi laporan teks observasi siswa dengan menggunakan strategi SCAIT dan meningkatkan proses belajar pada pembelajaran memproduksi laporan teks observasi dengan menggunakan strategi SCAIT pada siswa kelas VII C SMP N 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 DEPOK yang berlokasi di Jalan Dahlia, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik (democratic validity), validitas proses (process validity), validitas keluaran (out came validity), dan validitas dialogik (dialogic validity) dan reliabilitas (alpha cronbach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan strategi SCAIT mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis laporan teks hasil observasi siswa, adanya perubahan positif dari siswa menjadikan pembelajaran menulis laporan teks hasil observasi lebih menarik dan menyenangkan. (2) Pembelajaran menulis laporan teks hasil observasi menggunakan strategi SCAIT dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis laporan teks hasil observasi. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menulis laporan teks hasil observasi sebelum dikenai tindakan adalah 42,21, kemudian meningkat menjadi 64,25 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 68,71 pada siklus II. Peningkatan skor ratarata dari siklus I hingga siklus II sebesar 4,54. Peningkatan skor rata-rata kelas dari pratindakan hingga siklus II sebesar 26,50.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, laporan teks observasi, SCAI
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:45
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18730

Actions (login required)

View Item View Item