KEEFEKTIFAN COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Kurniawan, Edi (2015) KEEFEKTIFAN COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Edi Kurniawan 10201244011.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran membaca menggunakan strategi CSR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca tanpa menggunakan strategi CSR, dan (2) pembelajaran membaca pemahaman yang menggunakan strategi CSR lebih efektif dibandingkan pembelajaran membaca pemahaman tanpa menggunakan strategi CSR di kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa strategi CSR dan variabel terikat berupa kemampuan membaca pemahaman. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta sebanyak 331 siswa, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas, yaitu kelas VIIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu penyampelan secara acak berdasarkan klaster. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas kontruk. Validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan bantuan komputer program iteman. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum diadakan analisis data dengan teknik uji-t terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Hasil analisis uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 2,372 dengan df = 67 dan p = 0,021. Nilai p lebih kecil daripada taraf signifikansi 0,05 (0,021<0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen, diperoleh thitung sebesar 3,711, df = 33 dan p = 0,001. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,001<0,05). Kesimpulan pertama, ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi CSR dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi CSR dan kedua, strategi CSR terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi CSR, membaca pemahaman, siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:37
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18728

Actions (login required)

View Item View Item