KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Putri, Brenda Christina (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Brenda Christina Putri 07201244098.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) perbedaan hasil pembelajaran drama yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media komik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media komik, b) mengetahui keefektifan media komik sebagai dalam pembelajaran drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 9 Yogyakarta yang terbagi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian adalah siswa XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian drama. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,816, sehingga dinyatakan reliabel. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran drama yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media komik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media komik, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa t hitung (th) sebesar 3,118 dengan db 58 kemudian dikonsultasikan pada t tabel (tt) pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,000 (th > tt = signifikan) dan nilai p sebesar 0,003 sehingga nilai p lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). Media komik efektif digunakan sebagai media ajar pembelajaran drama, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel berhubungan berupa t hitung (th) sebesar 10,995 dengan db 29 kemudian dikonsultasikan pada t tabel (tt) pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,045 (th > tt = signifikan) dan nilai p sebesar 0,000 sehingga nilai p lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media, komik, drama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item View Item