KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 WATES

Nugroho, Arifin Rifan (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arifin Rifan Nugroho 10201244071.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis puisi antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran teknik akrostik dan kelompok yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran teknik akrostik, (2) menguji keefektifan strategi pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wates. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan control group pretestposttest design. Variabel dalam penelitian ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan teknik akrostik dan variabel terikatnya yaitu keterampilan menulis puisi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wates yang berjumlah 161 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran teknik akrostik dan kelompok yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran teknik akrostik. Hasil perhitungan uji-t sampel bebas menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,837 db 54 pada taraf signifikansi 5% didapat nilai ttabel sebesar 2,000 (thitung : 2,837 > ttabel : 2,000), (2) strategi pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik efektif digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Wates. Keefektifan tersebut terlihat dari hasil uji-t yang menghasilkan thitung sebesar 5,222 db 27 pada taraf signifikansi 5% didapat nilai ttabel sebesar 2.052 (thitung : 5,222 > ttabel : 2.052).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi pembelajaran teknik akrostik, menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:32
Last Modified: 29 Jan 2019 22:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18725

Actions (login required)

View Item View Item