Kusuma, Ardi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL CONTOH NON-CONTOH (EXAMPLE NON-EXAMPLE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MAN TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Ardi Kusuma 09201244034.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan menulis puisi antara siswa kelas X MAN Tempel Sleman yang mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model contoh non-contoh (example non-example) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model contoh noncontoh (example non-example), (2) keefektifan penggunaan model contoh non-contoh (example non-example) dalam pembelajaran menulis puisi di kelas X MAN Tempel Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan model contoh non-contoh (example nonexample) dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas kelas X MAN Tempel Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas XC sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis puisi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,820. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor postes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,735 dengan db 48 dan Si . (2-tailed) 0,009. Nilai Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,009 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,009<0.050). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi antara siswa kelas X MAN Tempel Sleman yang mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model contoh non-contoh (example nonexample) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model contoh non-contoh (example non-example). Setelah dilakukan uji-t pretes-postes masing-masing kelompok, terlihat bahwa selisih rata-rata skor pretes dan postes pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (4,6>2,52). Hal ini menunjukkan bahwa model contoh non-contoh (example non-example) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas kelas X MAN Tempel Sleman.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | menulis puisi, model contoh non-contoh (example non-example), siswa MAN |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
| Date Deposited: | 18 May 2015 06:29 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 22:24 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
