KEEFEKTIFAN STRATEGI WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MINGGIR, SLEMAN

Prabowo, Anggun Deni (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MINGGIR, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggun Deni Prabowo 09201244015.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Minggir yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi webbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi webbing, (2) keefektifan strategi webbing dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan control group pretest-posttest design.Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu penerapan strategi webbing dalam pembelajaran di kelas eksperimen dan pembelajaran tanpa strategi webbing di kelas kontrol sebagai variabel bebas, serta keterampilan menulis naskah drama satu babak sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Minggir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh sampel kelas VIIIG sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui validitas expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis naskah drama. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t pada skor postes diperoleh thitung 2.435 dengan db 62 dan Sig. (2-tailed) 0.018. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.018 lebih kecil dari taraf signifikasi 5% (0.050) menyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Minggir yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi webbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi webbing. Selain itu, hasil perhitungan uji-t pada data prates-postes kelas kontrol diperoleh thitung -22.814 dengan db 31 dan Sig. (2-tailed) 0.000, kelas eksperimen diperoleh thitung -16.547 dengan db 31 dan Sig. (2-tailed) 0.000, serta selisih pencapaian ratarata skor prates-postes (gain score) kelas eksperimen yang sebesar 4.0937 lebih tinggi dibandingkan gain score kelas kontrol yang sebesar 3.0624. Hal ini menunjukkan bahwa strategi webbing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Minggir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi webbing, menulis naskah drama satu babak, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 06:26
Last Modified: 18 May 2015 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18723

Actions (login required)

View Item View Item