TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI ISTIRAHAT PESERTA SENAM AEROBIK RUTIN DI SANGGAR SENAM MAYA BUGAR KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Bresiline Andani, Bresiline (2015) TEKANAN DARAH DAN DENYUT NADI ISTIRAHAT PESERTA SENAM AEROBIK RUTIN DI SANGGAR SENAM MAYA BUGAR KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Bresiline Andani_11601241060 .pdf

Download (79MB) | Preview

Abstract

Senam aerobik merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Sebagian besar peserta sanggar senam Maya Bugar memiliki postur tubuh obesitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tekanan darah dan denyut nadi istirahat peserta senam aerobik rutin di sanggar senam Maya Bugar kecamatan Pandak kabupaten Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta senam aerobik rutin di sanggar senam Maya Bugar sejumlah 30 orang dan sampel yang digunakan sejumlah 17 orang. Metode yang digunakan dalam mengukur tekanan darah diukur adalah metode auskultasi, denyut nadi dengan metode palpasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kondisi tekanan darah peserta senam aerobik rutin di sanggar senam Maya Bugar yaitu Optimal sebanyak 14 orang (82,35%), Normal sebanyak 0 orang (0%), Normal Tinggi sebanyak 0 orang (0%), kategori Hipertensi Derajat I (ringan) sebanyak 2 orang (11,76%), Hipertensi Derajat II (sedang) sebanyak 0 orang (0%), dan Hipertensi Derajat III (berat) sebanyak 1 orang (5,89%). Kategori denyut nadi istirahat peserta senam aerobik rutin di sanggar senam Maya Bugar yaitu denyut nadi Sangat Baik sebanyak 0 orang (0%), Baik sebanyak 3 orang (17,65%), Cukup 12 orang (70,59%), dan Kurang sebanyak 2 orang (11,76%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18707

Actions (login required)

View Item View Item