Evaluasi Perkuliahan Pembelajaran Mikro Pendidikan Fisika untuk Menuju KKNI Level 6 di Universitas Negeri Yogyakarta

Widyaningtyas, Febrina siska (2015) Evaluasi Perkuliahan Pembelajaran Mikro Pendidikan Fisika untuk Menuju KKNI Level 6 di Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febriana-siska-widyaningtyas-13708251049.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persiapan dan perencanaan perkuliahan pembelajaran mikro yang dilaksanakan, (2) proses pelaksanaan perkuliahan pembelajaran mikro, dan (3) penilaian perkuliahan pembelajaran mikro yang dilaksanakan di Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNY untuk menuju pencapaian KKNI Level 6. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang dosen dan 24 mahasiswa S1 yang mengikuti perkuliahan pembelajaran mikro pada program studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di UNY. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui: (1) dokumentasi perangkat perkuliahan pembelajaran mikro, (2) observasi kelas, (3) penyebaran angket, dan (4) wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan kombinasi metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan persentase dan menentukan kriteria pada setiap aspek. Berdasarkan analisis data, diperoleh beberapa hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, hasil analisis dokumen menunjukkan bahwa kesesuaian persiapan dan perencanaan perkuliahan pembelajaran mikro di Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNY dengan indikator KKNI level 6 pendidikan fisika masuk dalam kategori sangat baik. Kedua, hasil observasi dan wawancara terstruktur menunjukkan bahwa kesesuaian proses pelaksanaan pembelajaran mikro di Program Studi S1 Pendidikan Fisika UNY dengan indikator KKNI level 6 pendidikan fisika masuk dalam cukup. Ketiga, hasil wawancara terstruktur menunjukkan bahwa kesesuaian penilaian pembelajaran mikro di S1 Program Studi Pendidikan Fisika UNY dengan indikator KKNI level 6 pendidikan fisika masuk dalam kategori baik. Tiga hasil penelitian tersebut juga didukung oleh hasil analisis data dari penyebaran angket. Penelitian ini juga menemukan beberapa aspek yang perlu dioptimalkan, yakni: 1) pemanfaatan ICT dalam pembelajaran fisika khususnya pembelajaran berbasis web (web-learning), 2) penciptaan alat sederhana untuk kelancaran pembelajaran fisika, 3) komepetensi profesional, dan 4) kompetensi sosial untuk menuju pencapaian KKNI level 6.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran mikro pendidikan fisika, KKNI level 6
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item