KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Daniel R., Yosse (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yosse Daniel R 07201244102.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul ”Keefektifan Penggunaan Strategi Pemodelan Dalam Pembelajaran Bermain Peran Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta” bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pemodelan dalam pembelajaran bermain peran pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran bermain peran siswa dengan menggunakan strategi pemodelan dan pembelajaran bermain peran siswa tanpa menggunakan strategi pemodelan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta sebanyak 194 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling atau pengambilan sampel secara acak sederhana. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pre-test dan post-test bermain peran. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes esai bermain peran. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahlinya (Expert Judgment), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test kemampuan bermain peran siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 21.986 dengan df 58 pada signifikasnsi 5% diperoleh nilai ttabel 2,000. Hasil tersebut menunjukkan nilai th: 21.986 > ttb: 2,000 pada signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan kemampuan bermain peran antara siswa kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya untuk hasil uji-t skor pre-test dan post-test eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 32.247 dengan df 58 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,000. Hasil tersebut menunjukkan nilai th: 32.247 > ttb: 2,000 pada signifikansi 5% yang berarti pembelajaran bermain peran dengan menggunakan strategi pemodelan lebih efektif dibandingkan pembelajaran bermain peran tanpa menggunakan strategi pemodelan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Strategi Pemodelan, Kemampuan Bermain Peran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item View Item