Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills dan Scientific Attitude Siswa SMP

Uswatun, Din Azwar (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills dan Scientific Attitude Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-din-azwar-uswatun-13708251080.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri berdasarkan hasil penilaian dosen ahli dan guru IPA, dan (2) mengukur keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri dalam meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) revisi pertama, (5) uji coba lapangan pendahuluan, (6) revisi kedua, (7) uji coba lapangan utama, (8) revisi produk akhir, dan (9) diseminasi. Desain uji coba lapangan pendahuluan menggunakan one-group pretest-postest design untuk siswa kelas VII B SMPN 14 Yogyakarta, sedangkan uji coba lapangan utama menggunakan pretest-postest control group design untuk siswa kelas VII F dan VII G SMPN 1 Piyungan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan soal tes. Pedoman wawancara digunakan untuk menemukan permasalahan dan keterbutuhan terhadap produk pada saat studi pendahuluan. Lembar angket validasi dan lembar angket keterbacaan LKS digunakan untuk mengukur kelayakan perangkat pembelajaran. Soal pretes-postes dan lembar penilaian proyek digunakan untuk mengukur critical thinking skills. Lembar angket dan lembar observasi digunakan untuk mengukur scientific attitude. Kelayakan perangkat pembelajaran dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 4. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa pada saat uji coba lapangan pendahuluan dianalisis dengan paired-samples t test dan gain score sedangkan pada waktu uji coba lapangan utama dianalisis dengan multivariate analysis of variance (MANOVA) dan gain score. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri dengan tema “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan” untuk siswa SMP Kelas VII. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran IPA layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) efektif dalam meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, inkuiri, critical thinking skills, scientific attitude
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18694

Actions (login required)

View Item View Item