UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERPEN DENGAN TEKNIK BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL

Pusfitasari, Yenni (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MEMAHAMI CERPEN DENGAN TEKNIK BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yenni Pusfitasari 10201244066.pdf

Download (91MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMP Negeri 1 Kretek, Bantul dalam membaca karya sastra khususnya cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach) yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus pertama siswa melakukan kegiatan membaca cerpen dengan teknik bertukar pasangan secara berkelompok. Pada siklus II siswa melakukan kegiatan membaca cerpen dengan teknik bertukar pasangan secara mandiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Kretek Bantul yang berjumlah 23 siswa. Data mengenai keterampilan membaca cerpen siswa diperoleh dari observasi data dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan hasil kerja siswa. Validitas data menggunakan validitas demokratik, proses, dan dialogik sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang disesuaikan dengan jenis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca cerpen dapat ditingkatkan melalui teknik bertukar pasangan. Secara proses, keberhasilan teknik bertukar pasangan ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan siswa, kegiatan belajar lebih komunikatif, bermanfaat, serta menyenangkan. Keterampilan siswa dalam membaca cerpen secara produk ditunjukkan dengan hasil penilaian membaca cerpen pada setiap akhir siklus. Peningkatan keterampilan membaca cerpen ditunjukkan dengan peningkatan nilai subketerampilan membaca cerpen. Subketerampilan membaca cerpen meliputi unsur tokoh, alur, latar, amanat, kelengkapan isi cerita, tatatulis yang digunakan, serta kesantunan bahasa yang digunakan. Berdasarkan tujuh subketerampilan tersebut didapatkan nilai akhir. Nilai rerata pada pratindakan sebesar 65,82. Nilai rerata meningkat sebesar 5,52 pada siklus I menjadi 71,34. Nilai rerata setelah dikenai tindakan pada siklus II meningkat menjadi 76,08 atau meningkat sebesar 4,74. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik bertukar pasangan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMP Negeri 1 Kretek, Bantul dalam membaca cerpen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, membaca cerpen,teknik bertukar pasangan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

View Item View Item