Evaluasi Keseuaian Perkuliahan Microteaching Pendidikan Fisika terhadap KKNI di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Fuady, Arina Izataki (2015) Evaluasi Keseuaian Perkuliahan Microteaching Pendidikan Fisika terhadap KKNI di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arina-izataki-fuady-13708251095.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil evaluasi perkuliahan microteaching pada Program Studi Pendidikan Fisika di UIN Sunan Kalijaga yang meliputi 1) mengkaji kesesuaian perencanaan perkuliahan yang telah dibuat oleh dosen terhadap pencapaian KKNI pendidikan fisika, 2) mengkaji kesesuaian pelaksanaan perkuliahan yang dilaksanakan terhadap pencapaian KKNI pendidikan fisika, dan 3) mengkaji kesesuaian penilaian yang dilakukan dosen terhadap pencapaian KKNI pendidikan fisika. Evaluasi yang dilakukan merupakan jenis evaluasi monitoring dengan memodifikasi model Stake dan pendekatan kualitatif kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan diambil menggunakan teknik cluster sampling. Dengan teknik pengambilan tersebut diperoleh sampel 19 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelas dan 2 dosen pembimbing. Data penelitian diperoleh melalui observasi keterlaksanaan perkuliahan, observasi dosen dan mahasiswa, studi dokumentasi dosen dan mahasiswa, serta wawancara dosen dan mahasiswa. Sebelum dilakukan pengambilan data, intrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli dan dinyatakan valid. Dari hasil penelitan ini diketahui 1) kesesuaian perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh dosen terhadap pencapaian KKNI pendidikan fisika sebesar 45,45%, masuk kategori cukup, 2) kesesuaian pelaksanaan perkuliahan yang dilaksanakan terhadap pencapaian KKNI pendidikan fisika dilihat melalui pencapaian kemampuan mahasiswa terhadap KKNI sebesar 75,34%, terkategori sangat baik dan peran serta dosen terhadap pencapaian kemampuan mahasiswa terhadap KKNI sebesar 55,01%, terkategori cukup, 3) kesesuaian penilaian yang dosen lakukan terhadap pencapaian KKNI pendidikan fisika sebesar 72,73%, terkategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, perkuliahan microteaching, KKNI
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18691

Actions (login required)

View Item View Item