KEEFEKTIFAN MEDIA TAYANGAN KICK ANDY DI METRO TV DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMAN POLANHARJO, KLATEN JAWA TENGAH

Sari, Windu (2014) KEEFEKTIFAN MEDIA TAYANGAN KICK ANDY DI METRO TV DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMAN POLANHARJO, KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Windu Sari 10201244030.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan media dengan kelompok siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan media tayangan Kick Andy di Metro TV dan 2) menguji kefeektifan media tayangan Kick Andy di Metro TV dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMAN Polanharjo, Klaten. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretest- posttest design. Variabel penelitian ini meliputi variabel terikat berupa kemampuan menulis cerpen, sedangkan variabel bebasnya berupa media tayangan Kick Andy di Metro TV. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN Polanharjo, Klaten yang berjumlah enam kelas yaitu, X.1-X.6. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak dua kelas yang diambil dengan cara acak, yaitu kelas X.1 sebanyak 25 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas X.3 sebanyak 23 siswa sebagai kelompok eksperimen.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa validitas isi (expert judgement). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang kemudian dilanjutkan dengan uji Scheffe. Berdasarkan perhitungan dengan uji-t yang dilakukan pada nilai posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh p sebesar 0,016 (0,016<0,050). Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan media tayangan Kick Andy di Metro TV dengan pembelajaran tanpa menggunakan media pada kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Polanharjo, Klaten. Perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis siswa menunjukkan bahwa penggunaan media tayangan Kick Andy di Metro TV efektif dalam pembelajaran menulis cerpen. Keefektifan media dapat dilihat dari uji Scheffe yang menunjukkan Fhitung>Ftabel (808,963>6,279).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, media tayangan Kick Andy di Metro TV
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item