Keefektifan Pendekatan Pedagogi Reflektif Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA

Sriyanta, Sriyanta (2015) Keefektifan Pendekatan Pedagogi Reflektif Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sriyanta-13709251034.swf

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pembelajaran dengan pendekatan pedagogi reflektif; dan (2) pembelajaran yang lebih efektif di antara pembelajaran dengan pendekatan pedagogi reflektif dan pembelajaran dengan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok eksperimen (pendekatan pedagogi reflektif) dan satu kelompok kontrol (pendekatan konvensional). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Kolese De Britto Yogyakarta yang terdiri dari tiga kelas. Sampel penelitian sebanyak dua kelas dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket kecemasan matematika siswa. Koefisien reliabilitas untuk instrumen non tes adalah 0,918, dan SEM sebesar 4,541. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan pedagogi reflektif digunakan uji one sample t-test. Selanjutnya untuk menyelidiki perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional dan pendekatan pedagogi reflektif, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling. Setelah itu, dilanjutkan dengan uji univariat independent sample t-test untuk melihat apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan pedagogi reflektif lebih efektif daripada pendekatan konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan pedagogi reflektif tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan matematika siswa; (2) pendekatan pedagogi reflektif lebih baik dibanding pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematika siswa, namun ditinjau dari prestasi belajar, pendekatan pedagogi reflektif tidak lebih baik dibanding pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pedagogi reflektif, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, kecemasan matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18686

Actions (login required)

View Item View Item