STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK KELAS X DKV I DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Manyahsya, Muhammad Nur Yahdii (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK KELAS X DKV I DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Yahdii Manyahsya 07206244023.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan guru DKV Dasar dalam pembelajaran praktik di dalam kelas X DKV I di SMK N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta, yakni strategi pembelajaran langsung. Strategi pembelajaran praktik (ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab) yang diterapkan pada kelas X DKV I di SMK N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta, terfokus pada mata pelajaran praktik DKV Dasar. Data diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan oleh bapak Zumarudin selaku guru DKV Dasar dari kelas X DKV I SMK Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta adalah strategi pembelajaran langsung (direct instruction) yang berarti strategi yang kadar berpusat pada gurunya paling tinggi, (2) Metode yang digunakan guru dalam mengajar di kelas adalah metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab (3) Dari metode yang digunakan terdapat 28 peserta didik dari 33 peserta didik yang ada di kelas X DKV I sudah mencapai KKM, sedangkan 5 peserta didik memiliki nilai di bawah KKM, dan setelah dilakukan remidial semua peserta didik tersebut telah mencapai KKM yang sudah ditentukan pada akhir semester.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran praktik, SMK
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item View Item