KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ERICA (EFFECTIVE READING IN THE CONTENT AREAS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI BAGI SISWA KELAS VII SMP EKS-RSBI PELAKSANA KURIKULUM 2013 SE-KABUPATEN MAGELANG

Nirmala, Stevy Ditta (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ERICA (EFFECTIVE READING IN THE CONTENT AREAS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI BAGI SISWA KELAS VII SMP EKS-RSBI PELAKSANA KURIKULUM 2013 SE-KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Stevy Ditta Nirmala 10201241002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan pemahaman membaca teks eksplanasi antara siswa SMP eks-RSBI pelaksana kurikulum 2013 se-Kabupaten Magelang yang diajar dengan model pembelajaran ERICA dan yang diajar tanpa model pembelajaran ERICA dan (2) menguji keefektifan ERICA dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi bagi siswa kelas VII SMP eks-RSBI pelaksana kurikulum 2013 se-Kabupaten Magelang. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran ERICA dan variabel terikat berupa pemahaman membaca teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP eks-RSBI pelaksana kurikulum 2013 se-Kabupaten Magelang. Teknik penyampelan yang digunakan adalah random sampling. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas inti dan butir. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan program Iteman. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis, dilakukan uji prasayarat analisis yang berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis uji normalitas dengan teknik Kolomogorov Smirnov serta uji homogenitas dengan teknik one way anova menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran ERICA dan siswa yang diajar tanpa model pembelajaran ERICA dan membuktikan bahwa model pembelajaran ERICA efektif untuk digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi bagi siswa kelas VII SMP eks-RSBI pelaksana Kurikulum 2013 se-Kabupaten Magelang. Perbedaan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data posttest pemahaman membaca teks eksplanasi kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung: 3,776> ttabel: 2,010) pada taraf kesalahan 0,05 (5%), p sebesar 0,000 (p: 0,000<0,05), dan db=50. Keefektifan model pembelajaran ERICA dapat dilihat dari hasil uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung lebih besar dari nilai ttabel (thitung: 8,598> ttabel: 2,069), df = 23, dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%), serta terdapat kenaikan skor rerata antara kelompok eksperimen yang jauh lebih besar, yaitu 5,17 daripada kelompok kontrol, yaitu 3,29.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran ERICA, membaca pemahaman, teks eksplanasi, siswa VII SMP eks-RSBI pelaksana Kurikulum 2013
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item View Item