Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Model Pembelajaran Berbaisis Masalah pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar di SMP ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa

Ismail, Raoda (2015) Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Model Pembelajaran Berbaisis Masalah pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar di SMP ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-raoda-ismail-13709251060.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan model pembelajaran berbasis proyek; 2) keefektifan model pembelajaran berbasis masalah; dan 3) perbedaan keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah, ditinjau dari percaya diri, pencapaian belajar matematika, dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pencapaian belajar matematika, tes keterampilan pemecahan masalah, dan angket percaya diri. Koefisien reliabilitas untuk masing-masing instrumen tes dan non tes berturut-turut adalah 0,774, 0,697, dan 0,600. SEM dari masing-masing instrumen tes dan non tes berturut-turut adalah 1,99, 3,48, dan 3,87. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari masing-masing variabel terikat yaitu percaya diri, pencapaian belajar matematika, dan keterampilan pemecahan masalah, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah, data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% dan ditindak lanjuti dengan analisis secara univariat pada taraf signifikansi 0,01 untuk pengujian satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran berbasis proyek efektif ditinjau dari percaya diri dan keterampilan pemecahan masalah; 2) model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari percaya diri, pencapaian belajar matematika, dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa; dan 3) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis masalah, dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dari model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari pencapaian belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, percaya diri, pencapaian belajar matematika, keterampilan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 May 2015 00:39
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18678

Actions (login required)

View Item View Item