KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN MEDIA KARTU KUNCI DALAM MENULIS NARASI FIKSIONAL PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Prastanti, Pungki Nora (2014) KEEFEKTIFAN PEMANFAATAN MEDIA KARTU KUNCI DALAM MENULIS NARASI FIKSIONAL PADA SISWA KELAS X MAN GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pungki Nora Prastanti 08201244001.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis narasi fiksional antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media kartu kunci dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa media kartu kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu kunci dalam pembelajaran menulis narasi fiksional siswa kelas X MAN Godean. Desain penelitian menggunakan prates dan pascates dengan kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu media kartu kunci dan variabel terikat, yaitu keterampilan menulis narasi fiksional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Godean dengan jumlah 164 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas, 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes menulis karangan narasi fiksional. Instrumen yang digunakan adalah tes esai menulis karangan narasi fiksional. Uji reliabilitas instrumen dengan bantuan program komputer SPSS seri 16.00 menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0.709. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS seri 16.00 untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis narasi fiksional antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan keterampilan menulis narasi fiksional siswa kelas X MAN Godean menggunakan media kartu kunci dengan penguasaan keterampilan menulis narasi fiksional siswa kelas X MAN Godean menggunakan metode konvensional. Melalui hasil uji-t yang dilakukan pada skor prates-pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, hasil perbandingan keterampilan menulis narasi fiksional kelompok eksperimen ditunjukkan oleh nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0.000<0.05)=signifikan, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0.000<0.05)=signifikan. Dari hasil pascates kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh th sebesar 2.186. Rata-rata pascates eksperimen sebesar 80.64, sedangkan pascates kontrol sebesar 77.67 dengan selisih sebesar 2.970. Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa media kartu kunci terbukti lebih efektif dalam pembelajaran menulis narasi fiksional pada siswa kelas X MAN Godean dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, media kartu kunci, narasi fiksional
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18677

Actions (login required)

View Item View Item