KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 1 DEPOK, SLEMAN

Asih, Nur Setya Pamuji (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK STORYBOARD TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 1 DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Setya Pamuji Asih 10201244040.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis naskah drama yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik storyboard dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik storyboard, (2) keefektifan teknik storyboard dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI SMAN 1 Depok, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa teknik storyboard dan variabel terikat berupa keterampilan menulis naskah drama. Penelitian ini mengambil populasi berupa siswa kelas XI SMAN 1 Depok, Sleman. Sampel penelitian menggunakan teknik pengambilan cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis naskah drama. Hasil uji normalitas sebaran data menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini bersifat normal. Hasil uji homogenitas varian menunjukkan bahwa varian data dalam penelitian ini bersifat homogen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai posttest kemampuan menulis naskah drama kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hal ini terbukti dari hasil uji-t nilai posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 4,043 dengan db 65 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 1,990. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung 4,043 > ttabel 1,990 pada taraf signifikansi 5% yang berarti ada perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil uji-t nilai pretest dan posttest eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 4,497 dengan db 33 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,032. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung 4,497 > ttabel 2,032 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan teknik storyboard lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan teknik storyboard.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik storyboard, menulis naskah drama, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:37
Last Modified: 29 Jan 2019 22:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item View Item