KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MAGELANG

Radhika, Fikar (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fikar Radhika 10201244026.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis teks fabel antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Example Non-Example dengan kelompok siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model Example Non-Example dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Example Non-Example dalam pembelajaran menulis teks fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa model Example Non-Example dan variabel terikat berupa kemampuan menulis teks fabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang. Sample diambil dengan teknik simple random sampling, kemudian ditetapkan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menyusun teks cerita fabel. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada guru matapelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 6 Magelang sebagai expert judgement. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini yang pertama yaitu terdapat perbedaan keterampilan menulis antara siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang yang mengikuti pembelajaran menulis teks fabel menggunakan model Example Nonexample dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks cerita moral/fabel tanpa menggunakan model Example Non-example. Kedua, pembelajaran menulis teks fabel yang menggunakan Example Non-example lebih efektif dibandingkan pembelajaran menulis teks fabel tanpa menggunakan model Example Non-example di kelas VIII SMP Negeri 6 Magelang. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t data postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai thitung sebesar sebesar 2,186 dengan df 50 diperoleh p 0,035 (p < 0,05). Hasil perhitungan uji-t data pretest dan postest thitung sebesar sebesar - 3,407 dengan df 22 diperoleh p 0,003 (p < 0,05). Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 9,74, sedangkan nilai rata kelompok kontrol hanya mengalami sedikit peningkatan namun tidak melebehi perolehan kelompok eksperimen, yaitu sebesar 1,14.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model Example Non-Example, menulis teks fabel
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:22
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18661

Actions (login required)

View Item View Item