PENGGUNAAN PRINSIP KERJA SAMA PADA KEGIATAN BERDISKUSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SEMIN GUNUNGKIDUL

Setiawan, Fajar (2014) PENGGUNAAN PRINSIP KERJA SAMA PADA KEGIATAN BERDISKUSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SEMIN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar Setiawan 10201241030.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan prinsip kerja sama yang berupa (1) pematuhan prinsip kerja sama, (2) penyimpangan prinsip kerja sama, serta (3) faktor penyebab terjadinya penyimpangan prinsip kerja sama. Sumber data penelitian adalah seluruh percakapan siswa yang terjadi dalam kegiatan berdiskusi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI IPS SMA N 1 Semin. Metode yang digunakan dalam penelitian Penggunaan Prinsip Kerja Sama dalam Kegiatan Berdiskusi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Semin Gunungkidul ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan menggunakan teknik padan pragmatik. Keabsahan data diperoleh melalui validasi teman sejawat dan meningkatkan ketekunan, kesungguhan dalam pengamatan. Hasil penelitian pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Semin menunjukkan tiga hal. Pertama, pematuhan prinsip kerja sama terdiri dari pematuhan tunggal dan pematuhan ganda. Pematuhan tunggal meliputi pematuhan maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Pematuhan ganda terdiri dari maksim kuantitas+relevansi. Secara keseluruhan pematuhan prinsip kerja sama terdapat 56 data, maksim yang paling banyak dipatuhi adalah maksim relevansi. Kedua, penyimpangan prinsip kerja sama terdiri dari penyimpangan tunggal dan penyimpangan ganda. Penyimpangan tunggal meliputi penyimpangan maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan. Penyimpangan ganda terdiri dari maksim kualitas+relevansi. Secara keseluruhan penyimpangan prinsip kerja sama terdapat 18 data, maksim yang paling banyak disimpangkan adalah maksim relevansi. Ketiga, faktor penyebab penyimpangan prinsip kerja sama pada kegiatan berdiskusi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Semin, diketahui terdapat 5 faktor penyebab, yaitu bahasa yang digunakan campuran, kurang percaya diri, kurang menguasai topik, emosi, dan tidak fokus.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prinsip kerja sama, faktor penyebab penyimpangan, diskusi kelas
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18659

Actions (login required)

View Item View Item