KEEFEKTIFAN STRATEGI LINGKARAN PERTANYAAN PADA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PENGASIH, KULON PROGO, YOGYAKARTA

Ihsani, Edwin (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI LINGKARAN PERTANYAAN PADA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PENGASIH, KULON PROGO, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Edwin Ihsani 09201244001.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi lingkaran pertanyaan dalam pembelajaran bercerita. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bercerita antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi lingkaran pertanyaan dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi lingkaran pertanyaan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pengasih. Desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi lingkaran pertanyaan dan variabel terikat yang berupa kemampuan bercerita. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pengasih berjumlah 128. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII A sebagai kelompok kontrol dan kelas VII D sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, yang berupa tes unjuk kerja kemampuan bercerita. Dari hasil uji normalitas sebaran data diperoleh nilai p pretest kelompok kontrol 0,137, pretest kelompok eksperimen 0,189, posttest kelompok kontrol 0,177, dan posttest kelompok eksperimen sebesar 0,197. Nilai p > 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai p skor pretest sebesar 0,879 dan skor posttest sebesar 0,410. Nilai p > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pretest dan posttest kedua kelompok diketahui thitung kelompok kontrol sebesar 6,830 dan kelompok eksperimen sebesar 13,954. Dari hasil perhitungan uji-t tersebut diketahui selisih thitung uji-t skor pretest dan posttest antara kedua kelompok yaitu sebesar 7,124. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan bercerita yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pengasih yang mendapat pembelajaran bercerita menggunakan strategi lingkaran pertanyaan dengan siswa yang mendapat pembelajaran bercerita tanpa menggunakan strategi lingkaran pertanyaan dan (2) strategi lingkaran pertanyaan efektif digunakan dalam pembelajaran bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Strategi lingkaran pertanyaan, Kemampuan Bercerita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:15
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18658

Actions (login required)

View Item View Item