Putra, Gigih Endra Utama (2014) GIGEND SEBAGAI SELF BRANDING DALAM BUKU PUISI DAN ILUSTRASI LOWBROW POP SUREALISME. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Gigih Endra Utama Putra 10206244029.pdf Restricted to Registered users only Download (28MB) |
Abstract
Perancangan ini bertujuan untuk mengekspresikan karya dengan gaya Lowbrow Pop Surealisme Gigend melalui berbagai media, antara lain buku, CD musik (album), kaos, kartu permainan, dan kartu pos. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, baik data primer maupun pribadi dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan gagasan-gagasan Lowbrow Pop Surealisme. Metode penciptaan media dengan proses tahapan rough layout, comprehensive layout, dan final design. Instrumen yang digunakan berupa perangkat manual yaitu pensil, kertas gambar, dan drawing pen. Perangkat digital yaitu kamera dan scanner. Software digital yaitu Adobe Photoshop CS6 dan Corel Draw X6. Hasil perancangan berupa buku, CD musik, kaos, kartu permainan, dan kartu pos dengan gaya Lowbrow Pop Surealisme yang memiliki konsep “ark” (bahtera), “arka” (cahaya), dan “arkais”, dapat dilihat dari isinya dengan tekstur semu kertas kuno yang juga memadukan unsur modern dengan tipografi yang mudah dibaca dan simbolisasi lingkaran kuning. Desain menampilkan ilustrasi dengan teknik drawing, logo Gigend, visualisasi mumi, dan tanah-tanah melayang. Puisi dan ilustrasi Lowbrow Pop Surealisme Gigend menjadi satu kesatuan dengan ciri khas absurd, surealis, dan imajinatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gigend, self, branding, buku, puisi, ilustrasi, lowbrow, pop, surealisme, drawing |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 18 May 2015 02:10 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 02:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18656 |
Actions (login required)
View Item |