PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Mustikasari, Dyah Irma (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dyah Irma Mustikasari 07201244015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses pembelajaran menyimak berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta dapat diperbaiki dengan teknik “dua tinggal dua tamu” dan untuk mengetahui apakah kemampuan menyimak berita dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta dapat ditingkatkan dengan teknik “dua tinggal dua tamu”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan Mei 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas X A. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilakukan antara peneliti dan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik dan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik “dua tinggal dua tamu” dapat memperbaiki proses pembelajaran menyimak berita dan dapat meningkatkan kemampuan menyimak berita pada siswa kelas X A dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas siswa dalam tiap siklusnya yang dilihat dan diukur dari lima aspek yaitu saling ketergantungan positif, tatap muka, tanggung jawab perseorangan, komunikasi antaranggota, dan evaluasi proses kelompok. Pada tiap aspeknya, siswa kelas X A SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta selalu menunjukkan peningkatan kearah kemajuan yang positif. Hal tersebut berarti teknik “dua tinggal dua tamu” telah berhasil memotivasi siswa dalam pembelajaran menyimak berita. Peningkatan kemampuan menyimak berita dapat dilihat pada peningkatan poin yang diperoleh dari selisih nilai rata-rata kelas hasil tes kemampuan menyimak berita pratindakan, siklus I, dan siklus II. Peningkatan kemampuan menyimak berita yang pertama sebesar 14 poin diperoleh dari selisih nilai rata-rata kelas tes kemampuan menyimak berita pratindakan sebesar 57 dengan nilai rata-rata kelas tes kemampuan menyimak berita siklus I sebesar 71. Selanjutnya peningkatan kemampuan menyimak berita yang kedua sebesar 9 poin diperoleh dari selisih nilai rata-rata kelas tes kemampuan menyimak berita siklus I sebesar 71 dan nilai rata-rata kelas tes kemampuan menyimak berita siklus II sebesar 80.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menyimak, teknik dua tinggal dua tamu, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18654

Actions (login required)

View Item View Item