KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULIS KABUPATEN BATANG

Jayanti, Dhesi (2014) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TULIS KABUPATEN BATANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dhesi Jayanti 10201244056.PDF

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis naskah drama antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik berbantuan film pendek dan kelompok yang tidak mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model sinektik berbantuan fim pendek, (2) menguji keefektifan model sinektik berbantuan fim pendek dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulis kabupaten Batang. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan Control Group Pre Test-Post Test Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa penggunaan model sinektik berbantuan film pendek dan variabel terikatnya yaitu keterampilan menulis naskah drama. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulis dengan jumlah 252 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis naskah drama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek dengan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan media film pendek mempunyai perbedaan. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji –t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji –t sampel bebas menunjukkan bahwa thitung (th) sebesar 3,162 df 70 .pada taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel 1,994 (thitung : 3,162 > ttabel : 2,000). Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan model sinektik berbantuan media film pendek terbukti efektif. Keefektifan tersebut terlihat dari hasil uji-t kenaikan nilai siswa yang menghasilkan thitung (th) sebesar 58,734 df 71 pada taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel 1,993 (thitung : 58,734 > ttabel : 1,993).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, sinektik, menulis naskah drama, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18652

Actions (login required)

View Item View Item