TEMA PADA PUISI-PUISI KARYA SISWA DALAM BULETIN SUARA PUSPA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA EDISI JUNI 2013 - JANUARI 2014

Kurniawan, Bagus Ady (2014) TEMA PADA PUISI-PUISI KARYA SISWA DALAM BULETIN SUARA PUSPA DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA EDISI JUNI 2013 - JANUARI 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bagus Ady Kurniawan 06201244069.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan tema yang terdapat dalam puisi-puisi karya siswa dalam Buletin Suara Puspa di SMA Negeri 5 Yogyakarta edisi Juni 2013 – Januari 2014. Metode penelitian yang dipakai adalah metode analisis isi. Penelitan ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan analisis konten. Populasinya semua karya yang ada dalam Buletin Suara Puspa di SMA Negeri 5 Yogyakarta edisi Juni 2013 – Januari 2014. Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (Human Instrument). Dalam hal ini, peneliti berfungsi menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas temuanya. Hasil penelitian puisi karya siswa yang terdapat dalam Buletin Suara Puspa di SMA Negeri 5 Yogyakarta edisi Juni 2013 – Januari 2014 menunjukkan bahwa pertama, unsur tema yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, tema jasmaniah (physical) terdapat enam judul klasifikasi tema jasmaniah, yaitu pada judul puisi “Hujan”, “Pada Hujan”, “Curahan Hati”, “Sebuah Luka”, “Kehadiranmu”, dan pada puisi “Di Batas Langit Senja”. Kedua, tema organik (moral) terdapat satu, yaitu pada judul puisi “Ukir Saja”. Ketiga, tema sosial ada dua karya puisi, yaitu terdapat pada judul puisi “Yakin” dan pada judul puisi “Negeri Tanah Sahara”. Keempat, tema ketuhanan terdapat satu karya puisi, yaitu terdapat pada judul puisi “Rindu Hadirmu”. Tema yang sering muncul pada puisi-puisi karya siswa dalam Buletin Suara Puspa di SMA Negeri 5 Yogyakarta edisi Juni 2013 – Januari 2014 adalah tema jasmaniah yaitu tentang kerinduan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tema, puisi, buletin suara puspa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18651

Actions (login required)

View Item View Item