UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK

Riantika, Amalia (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Amalia Riantika 10201244018.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi melalui strategi collaborative writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Ngemplak. Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 31 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi collaborative writing dapat meningkatkan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Ngemplak. Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa yang lebih perhatian, aktif, bersemangat, suasana yang kondusif dan terbangunnya bentuk kerjasama dalam pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu pratindakan 69,28, siklus I 77,61, dan Siklus II 84,23. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi collaborative writing merupakan salah satu strategi yang mampu meningkatkan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, dan collaborative writing
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item