KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO

Pratama, Aditya Fian (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aditya Fian Pratama 10201244006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi think-talk-write dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi think-talk-write, dan (2) membuktikan keefektifan penerapan strategi think-talk-write dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Purworejo. Penggunaan strategi think-talk-write dalam penelitian ini karena kelebihan strategi ini yang melatih dua keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi pembelajaran think-talk-write dan variabel terikat berupa kemampuan menulis karangan eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Purworejo sebanyak 192 peserta didik dan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas, yaitu kelas X6 sebagai kelompok kontrol dan kelas X1 sebagai kelompok eksperimen. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling, yaitu penyampelan secara acak berdasarkan klaster. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penghitungan uji-t skor postes kemampuan menulis karangan eksposisi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai sebesar 4,124 dengan df = 62, dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi think-talk-write dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi think-talk-write di SMA Negeri 6 Purworejo. Hasil penghitungan uji-t data pretes dan postes kemampuan menulis karangan eksposisi kelompok eksperimen diperoleh nilaisebesar -12,088 dengan df = 31, dan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil pengitungan tersebut, kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan eksposisi yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi think-talk-write dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi think-talk-write, dan (2) strategi think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi think-talk-write, menulis karangan eksposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 May 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item View Item