KEEFEKTIFAN TEKNIK KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Nurfaijah, Siti (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Siti Nurfaijah 10201241039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cepat antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan Teknik Khusus dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat tanpa menggunakan Teknik Khusus. Kedua, untuk menguji keefektifan Teknik Khusus dalam pembelajaran membaca cepat siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Variabel yang digunakan ada dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Penggunaan Teknik Khusus adalah variabel bebas sedangkan kemampuan membaca cepat adalah variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul yang terdiri atas enam kelas. Berdasarkan teknik simple random sampling, ditetapkan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI 1PS 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes kemampuan membaca cepat yang berbentuk pilihan ganda. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Setelah diketahui hasil tes awal dan tes akhir kelompok tersebut normal dan homogen, dilakukan uji beda dengan menggunakan uji-t. Simpulan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cepat antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan Teknik Khusus dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat tanpa menggunakan Teknik Khusus. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diperoleh nilai thitung = 2,423 dan p = 0,019 (p < 0,05). (2) Teknik Khusus terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cepat siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banguntapan Bantul. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan hasil analisis uji-t data tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung = 4,909 dan p = 0,000 (p < 0,05). Selain itu, terdapat kenaikan skor rata-rata antara kelompok eksperimen sebesar 3,71, sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 2,41.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik Khusus, membaca cepat
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item