KEEFEKTIFAN STRATEGI PERLUASAN DAN PENYUSUTAN PADA SEBUAH TOPIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Rachmatini, Rizka (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PERLUASAN DAN PENYUSUTAN PADA SEBUAH TOPIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizka Rachmawatini 10201244046.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis cerpen siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik dan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik, dan variabel terikat yang berupa hasil skor keterampilan menulis cerpen. Sampel penelitian ini adalah kelas IX D sebagai kelompok eksperimen dan IX A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,515 yang lebih besar daripada nilai koefisiennya 0,5. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t skor posttest antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 9,616 dengan df 66. Nilai thitung dalam perhitungan tersebut lebih besar dari nilai ttabel pada signifikansi 5% (9,616<1,990). Sedangkan pretest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung lebih kecil daripada ttabel pada signifikansi 5% (0,798<1,990). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan antara kelompok yang diajar menggunakan strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik dengan yang tidak. Hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 49,014 dengan df 63. Nilai thitung dalam perhitungan tersebut lebih besar daripada nilai ttabel pada signifikasi 5% (49,014<1,990). Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik efektif dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi perluasan dan penyusutan pada sebuah topik , pembelajaran menulis cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18644

Actions (login required)

View Item View Item