HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA NARASI SUGESTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA SATU BABAK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KLATEN JAWA TENGAH

Wardani, Putri (2014) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA NARASI SUGESTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA SATU BABAK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Putri Wardani 10201241008.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebiasaan membaca narasi sugestif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten Jawa Tengah; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten Jawa Tengah; dan (3) mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca narasi sugestif dengan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan model ex post facto dengan jenis penelitian korelasional (penelitian hubungan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten, Jawa Tengah yang terdiri atas tujuh kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 254 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Setelah memilih teknik random sampling, kemudian peneliti memilih prosedur ordinal untuk digunakan dalam penetapan sampel, sehingga diperoleh 108 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui angket dan tes kinerja (performance). Keabsahan data diperoleh melalui validitas konstruk, validitas isi, dan analisis reliability menggunakan program komputer yakni SPSS 16 untuk menguji validitas empirik (instrumen angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kebiasaan membaca narasi sugestif siswa kelas VIII SMPN 3 Klaten berada pada kategori sedang, dengan rincian, kategori tinggi sebesar 16,67% (berjumlah 18 siswa), kategori sedang sebesar 72,22% (berjumlah 78 siswa), dan kategori rendah sebesar 11,11% (berjumlah 12 siswa); (2) tingkat kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMPN 3 Klaten berada pada kategori sedang, dengan rincian, kategori tinggi sebesar 12,96% (berjumlah 14 siswa), kategori sedang sebesar 72,22% (berjumlah 78 siswa), dan kategori rendah sebesar 14,82% (berjumlah 16 siswa); dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca narasi sugestif dengan kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMPN 3 Klaten Jawa Tengah, rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (0,597>0,195 dan 0,597>0,256) dan besarnya hubungan 35,64%. Sisa sebesar 64,36% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korelasi, kebiasaan membaca narasi sugestif, Kemampuan menulis kreatif naskah drama satu babak
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:29
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18643

Actions (login required)

View Item View Item