KEEFEKTIFAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI

Nugraha, Pius Grastian Setia (2014) KEEFEKTIFAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pius Grastian SN 10201244058.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan keterampilan menulis puisi antara pembelajaran menulis puisi yang menggunakan media lingkungan dengan pembelajaran menulis puisi yang tidak menggunakan media lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Kedua, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media lingkungan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Penelitian ini mempunyai dua variabel yakni, variabel bebas berupa penggunaan media lingkungan dalam pembelajaran menulis puisi dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi setelah mendapat perlakuan/penggunaan media lingkungan. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Imogiri yang terdiri dari tujuh kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas varians, selanjutnya analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan antara keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri yang menggunakan media lingkungan dengan siswa yang tanpa menggunakan media lingkungan. Hal itu dibuktikan dari penghitungan uji-t pada skor posttest kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa diperoleh nilai thitung 3,398 yang lebih besar dari ttabel 2,0105 dengan db 57 (thitung > ttabel = Signifikan) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa media lingkungan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Hal tersebut terbukti dari hasil penghitungan uji-t pada skor pretest-posttest kelompok eksperimen. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai thitung 4,448 yang lebih besar dari ttabel 2,0105 dengan db 57 (thitung > ttabel = Signifikan) sehingga dinyatakan signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, penggunaan media lingkungan, keterampilan menulis puisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:22
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18642

Actions (login required)

View Item View Item