ANALISIS NARATIF BERITA ’’HILANGNYA PESAWAT MALAYSIA’’ PADA SURAT KABAR (SK) KEDAULATAN RAKYAT EDISI MARET 2014

Megawati (2014) ANALISIS NARATIF BERITA ’’HILANGNYA PESAWAT MALAYSIA’’ PADA SURAT KABAR (SK) KEDAULATAN RAKYAT EDISI MARET 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Megawati 07201244038.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

dalam berita "Hilangnya Pesawat Malaysia" pada Surat Kabar (SK) Kedaulatan Rakyat edisi Maret 2014 Data pada penelitian ini diperoleh dari surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi Maret 2014.untuk menguji keabsahan data dilakukan uji validitas dan realibilitas. data.uji validitas dilakukan dengan cara uji validias semantik. Sementara itu, realibilitas data uji dengan menggunakan reliabilitas intrarater dan interrater .reliabilitas intrarater dilakukan dengan cara membaca berulang-ulang sehingga diperoleh data yang konsisten. Selanjutnya, dilakukan reliabilitas interrater yaitu berdiskusi dengan teman sejawat tentang temuan dalam penelitian, kemudian Dikonsultasika dengan dosen pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa cerita dan alur yang ada dalam SK Kedaulatan Rakyat edisi Maret 2014 (tujuh analisis subjudul berita) dengan topik berita “Hilangnya Pesawat MH370” banyak yang peristiwanya tidak disajikan secara kronologis. Namun, pada beberapa berita ditemukan peristiwa runtut mengikuti alur secara kronologis, walaupun hanya pada awal dan akhir berita saja. Struktur narasi banyak yang tidak lengkap. Struktur narasi yang lengkap memuat kondisi awal dan keteraturan, gangguan (disruption) terhadap keseimbangan, kesadaran terjadi gangguan, upaya untuk memperbaiki gangguan, dan pemulihan menuju keseimbangan. Karakter tokoh didominasi dengan karakter protagonis. Hasil analisis narasi ini dapat dikatakan sudah memenuhi syarat sebuah wacana narasi. Kelemahan berita ini terdapat pada alur cerita yang mendominasi ketidakruntutan peristiwa. Dari segi bahasa jurnalistik, isi belum cukup akurat. Selain itu, dari segi kalimat, terdapat judul yang tidak sesuai dengan isi. Penyajian isi berita sudah ringkas. Namun, dalam isi pemberitaan masih kurang jelas karena tidak didukung dengan bukti yang cukup meyakinkan pembaca.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis narasi, berita, surat kabar, pesawat Malaysia MH370
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 06:14
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18640

Actions (login required)

View Item View Item