KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI BINGKAI CERITA (STORY FRAMES) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN

Aprilia, Ichton Fitria (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI BINGKAI CERITA (STORY FRAMES) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ichton Fitria Aprilia 09201244051.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan membaca cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan strategi Bingkai Cerita (Story Frames) dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi Bingkai Cerita (Story Frames) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman, dan (2) untuk menguji keefektifan strategi Bingkai Cerita (Story Frames) dalam pembelajaran membaca cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Variabel dalam penelitia ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi Bingkai Cerita (Story Frames) dan variabel terikat berupa kemampuan membaca cerita pendek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman, sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas dengan pembagian 1 kelas sebagai kelompok kontrol dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca cerita pendek. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir yang dibantu dengan program Iteman. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan besarnya reliabilitas adalah 0,746. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukkan bahwa data posttest kemampuan membaca cerita pendek KK dan KE diperoleh thitung sebesar 2,81, ttabel sebesar 1,990, df 62, p sebesar 0,005 (0,005<0,05=signifikan). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan strategi Bingkai Cerita (Story Frames) dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi Bingkai Cerita (Story Frames). Hasil uji-t pretest dan posttest KK dan KE diperoleh thitung sebesar 9,147, df 31, p sebesar 0,000 (0,000<0,05=signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Bingkai Cerita (Story Frames) efektif dalam pembelajaran kemampuan membaca cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi bingkai cerita, membaca pemahaman, cerita pendek
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 15 May 2015 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18638

Actions (login required)

View Item View Item