PEMBELAJARAN RELIEF PLASTISIN DENGAN METODE MENCONTOH DAN PENGEMBANGANNYA DI KELOMPOK B2 UNGGULAN TK ABA MARDI PUTRA BANTUL

Septiany, Richa Kurnila (2014) PEMBELAJARAN RELIEF PLASTISIN DENGAN METODE MENCONTOH DAN PENGEMBANGANNYA DI KELOMPOK B2 UNGGULAN TK ABA MARDI PUTRA BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Richa Kurnila Septiany 10206241029.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pembelajaran relief plastisin dengan metode mencontoh dan pengembangannya di Kelompok B2 Unggulan TK ABA Mardi Putra Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Karya anak Kelompok B2 Unggulan. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran relief plastisin dengan metode mencontoh dan pengembangannya di Kelompok B2 Unggulan TK ABA Mardi Putra Bantul. Guru kelas merupakan sumber data tentang dokumentasi yang terkait dalam penelitian ini. Guru pembina lukis merupakan sumber data tentang persiapan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran relief plastisin di Kelompok B2 Unggulan. Kepala Sekolah merupakan sumber data tentang kurikulum dan latar belakang sekolah. Karya anak Kelompok B2 Unggulan merupakan sumber data tentang hasil karya relief plastisin dengan metode mencontoh dan pengembangannya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan. Analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan, (1) Persiapan pembelajaran meliputi, Program Semester, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). Pembelajaran menggunakan metode mencontoh dan pengembangannya. (2) Pelaksanaan pembelajaran, pertama dengan menyiapkan alat dan bahan berupa papan triplek, plastisin, dan stick ice cream. Kedua, guru beserta peneliti saling membantu untuk menyiapkan langkah-langkah praktik. Ketiga, membagikan alat dan bahan ke anak masing-masing satu papan, 1 plastisin warna biru dan 1 bungkus plastisin dengan jumlah 6 kotak yang berisi warna yang berbeda. (3) Evaluasi hasil pembelajaran relief plastisin dengan metode mencontoh dan pengembangannya pada Kelompok B2 Unggulan TK ABA Mardi Putra Bantul berwujud 32 karya dengan penilaian menggunakan kode bintang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relief Plastisin, Metode Mencontoh dan Pengembangannya
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 15 May 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18635

Actions (login required)

View Item View Item