Rifai, Endra Ahmad (2014) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI RESTORAN IKAN BAKAR GAMBIRAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Endra Ahmad Rifai 07206241036.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Perancangan karya desain komunikasi visual ini bertujuan untuk penciptaan media promosi Restoran Ikan Bakar Gambiran yang menarik, mudah dipahami, komunikatif dan tepat sasaran. Manfaat dari perancangan media promosi ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Restoran Ikan Bakar Gambiran agar lebih dikenal, dan dapat meningkatkan nilai jual di daerah Yogyakarta. Perancangan media promosi ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, analisis data dan perancangan. Proses pengumpulan data dengan cara wawancara dengan pengelola Restoran Ikan Bakar Gambiran dan dokumentasi foto, sedangkan proses analisis data menggunakan analisis SWOT (Strength (S)/ kekuatan, Weakness (W)/ kelemahan, Opportunities (O)/ peluang, dan Threats (T)/ ancaman). Perancangan desain menitik beratkan kepada kreativitas, inovasi dan kemampuan menuangkan ide serta gagasan baru, proses ini melalui tiga tahapan yaitu rough layout, comprehensive layout, final design menggunakan metode pengerjaan secara manual (sketsa), perangkat hardware dan software komputer serta kamera digital. Perancangan media promosi Restoran Ikan Bakar Gambiran dirancang dengan mengaplikasikan konsep “Bebakaran”, yaitu perancangan media dengan menampilkan warna dan layout yang mewakili bara api yang disajikan secara kreatif. Warna dominan yaitu oranye dan merah karena warna ini adalah ciri khas warna Restoran Ikan Bakar Gambiran. Konsep menghadirkan ilustrasi realis yang dipakai dalam perancangan ini berupa product shot dari menu yang disediakan Restoran Ikan Bakar Gambiran. Hasil dari perancangan media promosi ini ada 10 desain terdiri dari media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yaitu Iklan Surat Kabar dengan ukuran 6x8 cm berwarna, iklan Surat Kabar ini dipilih karena media ini dapat menjangkau audience secara luas, media pendukung berupa Brosur, SignBoard (papan petunjuk), Spanduk, Buku Menu, Packaging (kemasan), Stiker, ID Card (tanda pengenal), Nomor Meja dan Nota. Media-media komunikasi visual ini diharapkan mampu memberikan informasi mengenai Restoran Ikan Bakar Gambiran sehingga lebih dikenal masyarakat luas.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | desain komunikasi visual, media promosi |
| Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
| Date Deposited: | 15 May 2015 02:12 |
| Last Modified: | 29 Jan 2019 22:21 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
