HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN, KELENTUKAN DAN DAYA TAHAN VO2 MAX TERHADAP PRESTASI RENANG GAYA BEBAS 50 METER DI PUSAT PEMBINAAN ATLET BERBAKAT (PAB) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Enggar Yudha Cahyandaru, Yudha Cahyandaru (2015) HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN, KELENTUKAN DAN DAYA TAHAN VO2 MAX TERHADAP PRESTASI RENANG GAYA BEBAS 50 METER DI PUSAT PEMBINAAN ATLET BERBAKAT (PAB) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan atas perbedaan prestasi atlet PAB yang disebabkan karean tidak diketahui kemampuan fisik apa saja yang dapat meningkatkan prestasi renang gaya bebas 50 meter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecepatan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, kelentukan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, daya tahan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, dan hubungan antara kecepatan, kelentukan dan daya tahan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh atlet renang PAB DIY kelompok besar yang berjumlah 20 atlet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik tes dan pengukuran. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data: (a) Uji Normalitas, (b) Uji Homogenitas, (c) Uji Linieritas, (d) Uji Hipotesis (Korelasi dan Regresi).Data yang terkumpul dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis statistik dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang signifikan antara kecepatan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, dibuktikan dari hasil uji korelasi dimana nilai korelasi (r) adalah 0,918, dan nilai signifikansi koefisiensi menunjukkan t hitung > t tabel (9,829 > 2,101), maka hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. 2) tidak ada hubungan yang signifikan antara kelentukan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, dibuktikan dari hasil uji korelasi dimana nilai korelasi (r) adalah -0,365 dan nilai signifikansi koefisiensi nilai t hitung < t tabel (-0,092 < 2,101), maka hipotesis (Ho) diterima dan hipotesis (Ha) ditolak. 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara daya tahan dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, dibuktikan dari hasil uji korelasi dimana nilai korelasi (r) 0,084, dan dilihat dari nilai signifikansi koefisiensi nilai t hitung < t tabel (0,358< 2,101), maka hipotesis (Ho) diterima dan hipotesis (Ha) ditolak. Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan kelentukan, dan daya tahan secara bersama-sama dengan prestasi renang gaya bebas 50 meter, dibuktikan dari hasil uji regresi dimana nilai dapat diketahui nilai R sebesar 0,944 dan dilihat dari nilai signifikansi koefisiensi nilai F hitung > F tabel (44,012 > 3,634), maka hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 May 2015 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 22:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18625

Actions (login required)

View Item View Item